0

 

Milad Tapis Blogger


“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR ath-Thabrani)

Di dalam hidup ini, tak perlu bersusah payah menjadi seseorang yang berkuasa, disegani, atau ditakuti. Tetapi jadilah pribadi yang berguna bagi siapapun. Tingkatkan kemampuan diri agar bisa terus berbagi hal positif dan menginspirasi banyak orang.

Hal ini pulalah yang terus dibangun oleh komunitas kreatif Tapis Blogger hingga menginjak usianya yang ke-8 pada 2024.

Sekilas tentang Tapis Blogger

31 Agustus 2016 adalah hari pertama berkumpulnya anggota Tapis Blogger dan sekaligus ditetapkan sebagai tanggal berdirinya komunitas bloggernya orang Lampung tersebut.


Tapis Blogger


Tapis Blogger terbentuk atas ide emak-emak blogger dan penulis Lampung, yang terdiri dari Naqiyyah Syam (founder) bersama tiga co-founder yang merupakan sahabatnya, yakni Heni Puspita, Fitri Restiana, dan Izzah Annisa.

Awalnya, komunitas Tapis Blogger hanya diperuntukkan bagi blogger perempuan Lampung, namun kemudian terbuka untuk umum, bahkan bagi warga Lampung yang kini di perantauan.

“Awalnya untuk hobi kami menulis saja, tetapi anggota Tapis Blogger semakin lama semakin banyak dan banyak juga aktivitasnya, mulai dari pelatihan pembuatan blog, tips menulis, fotografi, videografi, dan lain-lain,” ujar mbak Naqiyyah Syam dalam sambutannya di Milad ke-8 Tapis Blogger.


Founder Tapis Blogger
Atas: Naqiyyah Syam
Bawah: Adian Saputra (Pimred Warta Lampung), Izzah Anisah, Mbak Naqi, Ibu Dian, Fitri Restiana.


Sejak awal terbentuk hingga usianya yang ke-8 tahun, Tapis Blogger di bawah bimbingan mbak Naqiyyah Syam terus bersinergi memberikan yang terbaik untuk kemajuan anggotanya di bidang literasi dan digitalisasi, sehingga diharapkan para anggota dapat berkontibusi dengan baik dalam memajukan Lampung di berbagai bidang, misalnya dalam hal mendukung potensi lokal seperti UMKM Lampung dan Pariwisata di Bumi Ruwa Jurai.

Hingga kini Tapis Blogger telah banyak bekerjasama dengan berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta, termasuk dengan para pelaku UMKM.

Para anggota Tapis Blogger juga banyak yang telah mengukir prestasi di bidang literasi dan digitalisasi. Hal ini adalah berkat peran founder, co-founder, dan master di Tapis Blogger yang tanpa bosan mengayomi serta membekali anggotanya dengan ilmu yang mumpuni, agar para anggota bisa terus berperan aktif mengenalkan Lampung melalui konten-konten positif di media sosialnya.

Milad ke-8 Tapis Blogger di IIB Darmajaya

Berkolaborasi dengan IIB Darmajaya, pada Milad ke-8 Tapis Blogger, komunitas bloggernya orang Lampung dan tempat berkumpulnya para kreator konten Lampung ini kembali menggelar acara keren bertajuk “Cakap Literasi Digital: Kiat Bikin Konten Foto, Video, dan Artikel untuk UMKM hingga Peluang Monetisasi.”


Milad Tapis Blogger


Milad ke-8 Tapis Blogger yang digelar di IIB Darmajaya pada Minggu, 1 September 2024 tersebut menghadirkan 4 pemateri, sebagai dukungan menjawab tema besar “Cakap Literasi Digital,” yakni:

- Pimpinan Redaksi portallnews.id Rinda Mulyani dan Redaktur Lampung Geh Bella Ibnaty Sardio, yang berbagi ilmu serta pengalaman dalam menulis artikel tentang UMKM.

- Food and Baverage Photographer Lynah Yeanna dan Content Creator makanan Nanda Fillah, yang berbagi ilmu tentang tips foto produk dan membuat konten video yang menarik untuk mendukung pelaku UMKM, khususnya di Provinsi Lampung.

Mengusung tema apik dan bertabur ilmu, acara Milad Tapis Blogger kali ini dihadiri banyak peserta (sekitar 50 orang) mulai dari kalangan blogger, jurnalis, penggiat literasi, vlogger, mahasiswa, pelaku UMKM, dan masyarakat umum.

Peringatan ulang tahun Tapis Blogger ini terasa sangat seru dan mengesankan, karena dipandu MC kondang Lampung, Jarwo Songha, yang mampu menghidupkan suasana dengan kepiawaiannya sebagai Master of Ceremony profesional. 

Tampak peserta yang hadir larut dengan keseruan-keseruan yang disuguhkan Jarwo selama acara berlangsung.


MC Lampung Jarwo Songha
Foto bersama MC Lampung, Jarwo Songha


Lantas, apa saja materi yang disuguhkan Tapis Blogger bagi peserta di Milad ke-8 ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Teknik Menulis Feature Menarik oleh Rinda Mulyani

Sesi pertama materi tentang Cakap Literasi Digital dibuka oleh Rinda Mulyani dengan berbagi ilmu mengenai teknik menulis feature.

Sebagai pecut bagi peserta yang hadir, mbak Rinda meminta para peserta untuk membuat dua paragrap berdasarkan gambar yang tampil pada slide monitor.


Teknik menulis feature
Pimred Portallnews.id, Rinda Mulyani


Di antara banyak peserta yang antusias ingin menguji kemampuan menjabarkan pesan dari gambar, alhamdulillah aku terpilih menjadi salah satu yang berhak mengungkapkan ide.

Kejutannya, ternyata ideku dinilai sesuai dengan data dan fakta pada gambar. Sehingga berhak mendapatkan hadiah istimewa yang disponsori oleh Lazdai Peduli.

Selanjutnya, mbak Rinda mulai menjelaskan tentang apa itu feature dan strukturnya secara lebih detail.

Dari penjelasan mbak Rinda, dapat kusimpulkan bahwa feature adalah jenis tulisan jurnalistik, yang menggabungkan berita dan opini berdasarkan fakta serta data yang disajikan dengan gaya bercerita dan biasanya berfokus pada human interest.

"Jadi struktur feature itu berbeda dibandingkan dengan hard news," kata mbak Rinda.

Dalam kesempatan ini mbak Rinda mengatakan bahwa, kita perlu menggali aspek-aspek unik dan menarik dari sebuah cerita, agar menarik minat pembaca. Untuk itu, penting melakukan riset mendalam agar menemukan sudut pandang berbeda yang akan disajikan dalam tulisan feature.

Di sinilah kreativitas dalam mengolah ide akan terlatih untuk menghasilkan karya jurnalistik terbaik, sehingga mampu menyampaikan pesan di tengah kemajuan teknologi digital dengan lebih menarik.

Konten Kreatif di Media Sosial oleh Bella Ibnaty Sardio

Redaktur Lampung Geh, Bella Ibnaty Sardio berbagi ilmunya di dunia kepenulisan dan jurnalistik, dengan mengangkat topik tentang konten kreatif di Media Sosial.


Konten kreatif di media sosial
Redaktur Lampung Geh, Bella Ibnaty Sardio


Bella mengawali sharing materi dengan menjabarkan soal 4 Pilar Jurnalistik, yakni:

1.      Etika Jurnalistik (Code of Conduct)

2.      Manajemen Ruang Redaksi

3.      Teknik Liputan (Reportase)

4.      Teknik Menulis

Ada ilmu baru yang kudapatkan dari penjelasan dari Bella, yakni terkait elemen “So What” (lalu apa) dalam komponen sebuah tulisan.

Menurut Bella, selain rumus 5W 1H, kita juga perlu memasukkan elemen “So What” pada tulisan, yang digunakan untuk menunjukan hubungan antara dampak informasi yang disampaikan kepada pembaca.

Selanjutnya, Bella menegaskan bahwa membuat konten kreatif itu sangat bermanfaat, terutama bagi para penggiat literasi di media sosial, karena hal ini akan membawa dampak pada beberapa hal berikut:

1.Memperkuat Brand Awareness

2.Meningkatkan Engagement

3.Membangun Koneksi Emosional

4.Menarik Perhatian Target Audience

5.Memperkuat Identitas Brand

6.Meningkatkan Shares dan Virality

7. Menciptakan Dampak yang Lebih Besar

Nah, ternyata membuat konten kreatif di media sosial itu juga perlu teknik agar manfaat karya atau pesan yang kita buat bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Berikut ini adalah tips dan cara untuk membuat konten kreatif menarik:

1.Ketahui Audience Anda

2.Berikan Nilai Tambahan

3.Gunakan Visual yang Menarik

4.Jadilah Unik dan Original

5.Gunakan Storytelling

6.Manfaatkan Trending Topics

Tips Foto Kece Pakai HP oleh Lynah Yeanna

Fotografer F&B berpengalaman dan telah bersertifikasi, Lynah Yeanna berbagai ilmu tentang bagaimana memotret makanan yang kece dengan HP.


Tips foto kece pakai HP
Fotografer F&B, Lynah Yeanna


Menurut Lynah, untuk menghasilkan foto makanan yang kece itu diperlukan penguasaan teknik pencahayaan, komposisi, dan penggunaan properti yang tepat. Hal ini akan membuat foto makanan lebih hidup, menarik, dan menggugah selera.

Salah satu sumber cahaya terbaik dalam pengambilan foto makanan adalah dengan memanfaatkan cahaya alami. Selain itu, pilihlah sudut pengambilan gambar (angle) yang dapat menonjolkan detail makanan.

Bagi para blogger dan kreator konten, hal ini tentunya ilmu yang sangat bermanfaat karena berhubungan dengan konten yang akan diproduksi, terutama yang berhubungan dengan kuliner.

Nah, bagi pelaku UMKM, teknik foto kece ini wajib diterapkan karena bisa sangat membantu dalam mempromosikan produknya dengan lebih baik dan menarik.

Memetik Pengalaman Berharga dari Seorang Food Vlogger Bernama Nanda Fillah

Nanda Fillah, pemilik akun instagram @HobbyJajanID, yang merupakan seorang food vlogger Lampung memberi wawasan luar biasa kepada peserta, khususnya diriku pibadi tentang karir dan tantangan di dunia digital.


Food vlogger
Food Vlogger,Nanda Fillah


Nanda bercerita tentang bagaimana perjalanan karirnya sebagai food vlogger, mulai dari tantangan yang dihadapi, suka duka, hingga cara membuat konten menarik yang autentik, sehingga dapat menjaring audiens yang loyal.

Dari Nanda aku belajar bahwa menjadi vlogger sukses bukan hanya soal popularitas, tetapi tentang semangat terus menciptakan inovasi serta membangun kepercayaan audiens melalui konten berkualitas.

Kini aku makin percaya bahwa, dengan konten berkualitas dan autentik, mempromosikan bisnis akan lebih mudah dan efektif, termasuk bagi pelaku UMKM.

“Jangan pernah menyerah untuk menciptakan karya, teruslah berinovasi,” pesan Nanda saat itu.

Milad Tapis Blogger ini dimeriahkan dengan lomba foto, video, dan penulisan artikel kegiatan di blog dengan hadiah bingkisan, voucher, hingga uang tunai. 


Sponsor dan hadiah milad Tapis Blogger


Adapun para sponsor yang mendukung Milad ke-8 Tapis Blogger di antaranya adalah IIB Darmajaya, Rokez, Sambel Alu, Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Bolu Kukus Siliwangi, Thasya Busana, Paxel Lampung, Lazismu Lampung, Lazdai Peduli, Stiffin Lampung, Salon Aliyah Zahira, Mamikeki Lampung, Dapur Al-Faatih, Rumah Madu, Wardah Beauty Lampung,  Hujan Buku, Cedea Sea Food, dan Asian Kleen Skin.

Selain mendapatkan wawasan dan insight tentang cakap literasi digital dari pemateri yang hadir, peserta Milad ke-8 Tapis Blogger juga berkesempatan menjadi anggota Tapis Blogger, mendapatkan e-sertifikat, memperluas jaringan, dan tentunya kudapan yang disediakan panitia acara.

IIB Darmajaya Dukung Penuh Generasi Cakap Digital

Institut Informatika dan Bisnis atau dikenal dengan IIB Darmajaya merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Lampung yang sangat mendukung terciptanya generasi cakap literasi digital.

Perguruan tinggi yang dikenal juga dengan kampus biru ini telah banyak mencetak mahasiswa/i berprestasi di berbagai bidang.


IIB Darmajaya
Kampus Biru, IIB Darmajaya


Terbaru di 2024, IIB Darmajaya kembali mengukir prestasi luar biasa, yakni dengan memborong 7 penghargaan bergengsi di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) II Award 2024 dalam Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Ballroom Novotel pada Sabtu, 7 September 2024.

Di acara Milad ke-8 Tapis Blogger, Direktur Humas Kerjasama dan Pemasaran IIB Darmajaya, Ibu Dian Eka Darma Wahyuni, S.E., yang memberikan sambutan mewakili Yayasan Alfian Husin juga memaparkan sejumlah prestasi yang telah diraih IIB Darmajaya, yakni prestasi yang dicapai mahasiswa, para dosen, dan kampus biru tersebut.

Berikut beberapa prestasi bergengsi yang berhasil diukir IIB Darmajaya:

·       7 penghargaan dalam Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Sumatra Bagian Selatanpada 2023.

·         Satu-satunya PTS di Lampung yang mengirimkan mahasiswi terbaik ke Entrepreneur Award 2024.

·         Satu-satunya kampus di Lampung yang peduli jaminan sosial.

·         Mahasiswa IIB Darmajaya Tembus Final Kompetisi Nasional dengan Solusi Ramah Lingkungan!

·         Mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya kembali juara Lomba Desain Poster event Mobile Intellectual Property Clinic (MIPC) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Lampung 16 – 18 Juli 2024.


prestasi mahasiswa IIB Darmajaya


Dari prestasi yang diraih kampus biru ini, bisa disimpulkan bahwa IIB Darmajaya sangat mendukung kemajuan generasi bangsa, khususnya di bidang bisnis dan kecakapan digital. Inilah mengapa IIB Darmajaya memberikan supportnya pada komunitas Tapis Blogger, karena punya misi yang sama, yakni membangun generasi cakap literasi digital.

Lebih lanjut, Dian berharap prestasi IIB Darmajaya bisa menjadi bahan anggota Tapis Blogger dalam membuat konten digital yang mengedukasi masyarakat, terlebih kampus ini sangat berkaitan erat dengan dunia bisnis digital, di mana telah didukung oleh sarana dan prasarana dalam membangun generasi cakap digital.

"Era digital memunculkan adanya ekosistem global, yang tidak ada batasan antar negara, sehingga peluang berkolaborasi dan berkompetisi semakin terbuka luas, khususnya di perguruan tinggi,” kata Dian.

“Adanya kolaborasi akan menciptakan sebuah knowledge society melalui knowledge sharing. Selain itu, dengan kompetisi maka menjadi faktor pendukung munculnya inovasi, tidak heran jika kami menyambut baik Pengurus Tapis Blogger untuk berkolaborasi dalam kegiatan seperti ini," lanjut Dian dalam sambutannya.

Sejarah IIB Darmajaya

Nama "DARMAJAYA" adalah akronim dari "Dharma Bhakti dan Jasa Yoenidar Alfian". Sebelum menyandang nama IIB Darmajaya, kampus yang berdiri pada 05 Juni 1997 dikenal dengan nama STMIK-STIE Darmajaya.

IIB Darmajaya lahir dari niat dan ketulusan hati seorang putra Lampung bernama Alfian Husin, yang ingin mengabdi di daerah asalnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda.

Keinginan tersebut diwujudkan dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Alfian Husin pada 23 Januari 1995.

Selanjutnya pada 5 Juni 1997 didirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer DARMAJAYA yang dikenal dengan nama STMIK DARMAJAYA.

Kemudian, pada 6 Juli 2000 berdirilah Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darmajaya (STIE Darmajaya).

STMIK-STIE Darmajaya pun saat itu telah mendapat pengakuan dari Dirjen Pendidikan dengan peningkatan status STMIK-STIE Darmajaya menjadi I(IBI) DARMAJAYA melalui SK Menteri Pendidikan No.167/D/O/2008 Tanggal 20 Agustus 2008.

Dengan perubahan status tersebut, membuktikan bahwa keunggulan STMIK-STIE Darmajaya di bidang informatika dan bisnis telah diakui secara resmi.

Fakultas dan Jurusan IIB Darmajaya

DESAIN, HUKUM, DAN PARIWISATA

S1 Hukum Bisnis

S1 Desain Interior

S1 Desain Komunikasi Visual

S1 Pariwisata

EKONOMI DAN BISNIS

S2 Magister Manajemen Teknologi

S2 Magister Manajeman

S1 Manajemen

S1 Bisnis Digital

S1 Akuntansi

ILMU KOMPUTER

S1 Sains Data

S2 Magister Teknik Informatika

S1 Teknik Informatika

S1 Sistem Komputer

S1 Sistem Informasi

S1 Pendidikan Teknologi Informasi

Akhir kata, aku ingin mengucapkan bahwa aku bangga menjadi bagian dari Tapis Blogger dan akan selalu siap berkontribusi untuk memajukan komunitas serta berperan aktif dalam mengenalkan Lampung pada dunia.


cakap literasi digital


Terima kasih Tapis Blogger yang sudah mewadahi minat dan menjadi sarana untuk menjadi individu yang lebih bermanfaat di tengah kemajuan dunia digital yang penuh tantangan ini.

Selamat Milad ke-8 Tapis Blogger Lampung, semoga semakin terdepan dalam menciptakan terobosan mengenalkan Lampung dan mendukung kemajuan generasi dalam literasi dan digitalisasi.

 

Sumber Tulisan:

Acara Milad ke-8 Tapis Blogger

Darmajaya.ac.id

Portallnews.id

 

Sumber Foto:

Dokumentasi pribadi

Dokumentasi panitia Milad ke-8 Tapis Blogger

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top