8

 

Pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini membuka banyak peluang bagi berbagai aspek kehidupan. Salah satunya dalam hal pendidikan anak yang lebih menyenangkan dan efektif untuk membentuk karakter dan mengasah kemampuannya.

Salah satu cara menyenangkan dalam mengedukasi anak di era teknologi digital adalah melalui game edukatif, misalnya mengenalkan anak pada dunia kuliner seperti aktivitas dapur, menyajikan makanan, hingga memilih makanan sehat dengan bermain game memasak seru dan edukatif melalui Culinary Schools.


culinary schools


Mengapa Penting Kenalkan Dunia Kuliner pada Anak?

Mengenalkan dunia kuliner pada anak dapat membantu orangtua dalam membentuk pola pikir anak tentang aktivitas memasak, orang-orang yang terkait di dalamnya, hingga kebiasaan makan yang sehat.

Dengan memahami proses dari mana makanan didapat, kegiatan memasak, dan makanan yang sehat, diharapkan dapat membuat anak-anak lebih mengahargai makanan yang tersedia, termasuk berbagai profesi di bidang kuliner.

Selain itu, melalui aktivitas di dapur juga akan mengasah keterampilan anak di bidang kuliner, yang tentunya kelak akan sangat bermanfaat saat mereka dewasa, misalnya ketika sudah berumah tangga atau membangung karir di bidang kuliner.

Untuk menciptakan pengalaman kuliner anak yang lebih menyenangkan, Culinay Schools Games bisa menjadi pilihan karena di sini anak tidak hanya akan bermain, tetapi juga belajar banyak hal yang kelak akan berguna bagi kehidupannya.

Apa itu Culinary Schools Game?

Culinary Schools Game adalah sebuah website game online seputar permainan memasak dan tentang makanan yang sangat direkomendasikan bagi anak-anak.


Culinary Schools


Di situs game edukatif ini banyak tersedia permainan tentang dunia kuliner, mulai dari game seputar makanan, pertanian, perhotelan, aktivitas memasak, berbagai profesi di bidang kuliner, penjualan makanan, hingga tentang makanan sehat yang tersaji lengkap dengan cara menyenangkan. Sehingga kegiatan permainan di situs ini akan membawa anak-anak seperti merasakan proses memasak yang sesungguhnya.

Mengapa Harus Mencoba Culinary Schools?

Melalui bebagai permainan di Culinary Schools, selain dapat memperkaya pengetahuan anak tentang dunia kuliner dan makanan sehat atau tidak sehat, keterampilan membaca, berhitung, dan kosa-kata anak juga akan meningkat, karena di situs game edukatif ini juga melibatkan perhitungan serta istilah-istilah di bidang kuliner.

Di Culinary Schools anak-anak juga diperkenalkan dengan budaya kuliner dari berbagai belahan dunia lainnya, yang hal ini akan membuat mereka penasaran mencoba keanekaragaman kuliner dari negara lainnnya di dunia.

Selain itu, Culinary Schools juga akan makin mengenalkan anak-anak pada berbagai profesi di dunia kuliner yang terbilang sangat menjanjikan. Sebagaimana kita ketahui, urusan makan adalah kebutuhan primer yang tak akan mati meski zaman terus berkembang.

Siapa tahu nantinya anak-anak akan tertarik membangun karir masa depannya dengan menjadi chef, membuka bisnis kuliner, menjadi manager restoran/cafe, food tester, ahli gizi, bartender, dan lain-lain.

Nah menariknya, Culinary Schools Game ini tidak hanya bisa dimainkan oleh anak-anak saja, tetapi juga sangat seru untuk dicoba oleh orang dewasa. Sehingga, menurut saya Culinary Schools Game ini memang sangat rekomend untuk dikenalkan pada anak-anak.

Untuk bisa menyelami dunia kuliner di Culinary Schools, bisa mengakses situs resmi culinaryschools.org secara gratis melalui smartphone, PC, atau tablet tanpa perlu mendaftar atau membuat akun. Anda bisa langsung menikmati berbagai jenis game edukatifnya begitu masuk ke situs tersebut.

Website game edukatif ini juga dilengkapi dengan kontrol suara, full screen, hingga jeda, sehingga sangat nyaman digunakan sesuai kebutuhan. It as easy as ABC, right?

Berikut ini adalah beberapa kategori game yang ada di Culinary Schools:

Food Education Game, menyajikan berbagai jenis game yang berkaitan dengan makanan sehat dan makanan tidak sehat.

Serving Eaters, di sini anak akan diajak mengenal berbagai macam profesi terkait penjualan makanan dengan segala kesibukannya melalui simulasi game yang sangat menyenangkan.

Other Fun Food, mengenalkan anak dengan dunia kuliner melalui permainan bertema, yang salah satunya adalah Watermelon Games, yakni permainan menjatuhkan buah yang sangat populer di situs ini.

Brain Games, permainan yang melibatkan asah otak, dikemas dalam bentuk puzzle, memory game, matching game, solitaire, word game, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Bermain Game Edukatif di Culinary Schools

Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dengan bermain game edukatif di Culinary School:

·         Mengenalkan dari mana asal bahan makanan didapatkan

·         Mengajarkan anak untuk menghargai makanan

·         Mengajarkan anak tentang mana makanan sehat dan tidak sehat bagi tubuhnya

·         Melatih keterampilan dalam berhitung melalui menghitung bahan, menghitung hasil jual beli, hingga menakar bahan.

·         Mengenal berbagai macam profesi yang membanggakan di bidang kuliner

·         Membantu anak dalam berimajinasi tentang peluang karir masa depan yang menjanjikan di bidang kuliner

·         Memperkaya kosakata, khususnya di bidang kuliner.

·         Mengasah kreativitas dan sikap kritis anak dalam menciptakan aneka hidangan, mempercantik makanan, mendesain restoran, hingga mengelola bisnis kuliner.

·         Pengenalan budaya dan berbagai macam kuliner di belahan dunia lainnya.

Rekomendasi Game edukatif dan Seru di Culinary Schools

Farm Town

Farm Town merupakan salah satu game di kategori Food Education Game. Pada Game ini, kita akan diajak memainkan peran sebagai petani gandum, yang tugasnya adalah menyebar benih, memanen gandum, dan membawa hasilnya ke atas truk untuk kemudian dijual.


culinary schools


Di game ini Ada 25 level yang bisa diselesaikan, di mana setiap level diukur dengan jumlah uang yang harus didapatkan oleh pemain setelah penjualan gandum.

Melalui Farm Town game, anak-anak akan belajar tentang asal makanan hingga proses di mana makanan itu bisa sampai kepada penikmatnya. Sehingga, diharapkan melaui game ini anak-anak nantinya bisa lebih menghargai makanan.

Burger Shop

Burger Shop adalah game yang terdapat di kategori Servant Game. Pada game satu ini, anak-anak akan menjalani simulasi sebagai penjual burger, di mana ia harus melayani pembeli dengan pesanan yang berbeda-beda.

Melalui Burger Shop game, kemampuan kecepatan dan ketepatan anak akan semakin terasah, karena di sini ia harus mengerjakan beberapa aktivitas seperti melayani pembeli hingga membeli ulang bahan-bahan burger yang habis.


Culinary Schools


Apabila pesanan yang diminta tidak sesuai, maka pemain tidak akan mendapatkan reward uang.  Melalui game ini, anak-anak akan belajar mengenal berbagai macam profesi di bidang kuliner, bagaimana kesulitan dan tantangannya, sehingga diharapkan bisa membuat anak-anak lebih menghargai profesi di dunia kuliner apapun itu.

Hidden Food

Hidden Food adalah jenis permainan yang melatih konsentrasi anak adengan cara yang menyenangkan. Anak akan diminta mencari objek tersembunyi dalam suatu susunan pola tertentu.

Objek yang dicari ini beragam, mulai dari sayuran, buah-buahan, bumbu dapur, peralatan memasak, dan masih banyak lagi. Sambil mencari objek, orangtua yang mendampingi bisa juga mengenalkan anak pada benda-benda yang ada di dapur.


Culinary Schools


Untuk menemukan objek, pemain akan berpacu dengan waktu yang telah ditentukan. Di sinilah fokus dan kecepatan tangan anak-anak akan dilatih untuk  menyelesaikan 20 level yang tersedia.

Pizza Party

Pizza Paty merupakan game simulasi restaurant pizza, di mana pemain diminta membuat pizza sesuai dengan pesanan. Tiap pesanan yang dilakukan dengan benar, maka akan mendapatkan poin serta dapat mengumpulkan uang.


Culinary Schools


Melalui permainan ini, kitab isa mengenalkan anak-anak pada kuliner khas negara lain (Italia) sekaligus mengenalkan berbagai macam topping pizza terkenal sebagai kosa kata barunya.

Veggie Friends

Veggie Friends adalah permainan yang mengajak anak mengenal sayur lebih detail, mulai dari nama, jenis, hingga bentuk sayuran. Selain itu, anak juga belajar menerangkan rasa, kandungan, dan manfaat sayuran.


Culinary Schools


Menariknya, game ini bisa menjadi media anak dalam belajar kosa kata Bahasa Inggris, karena permainan edukatif ini disajikan dengan menggunakan Bahasa internasional tersebut.

Cooking Street

Cooking Street memfasilitasi anak untuk berimajinasi sebagai chef atau pemilik restoran. Dalam permainan ini, anak harus bisa menyajikan makanan dan minuman sesuai pesanan. Apabila terlalu lama atau salah, maka pembeli akan membatalkan yang berakibat pada berkurangnya poin pemain.


Culinary Schools


Melalui permainan ini, ketelitian, ketepatan, kecepatan, dan fokus anak-anak akan terlatih dan diharapkan dapat menanamkan mindset pada dirinya untuk lebih menghargai makanan dan pekerjaan di dunia kuliner ini.

Permainan yang saya sebutkan hanyalah sebagian kecil dari yang tersedia di Culinarry Schools. Untuk merasakan keseruan bermain game yang lebih bermanfaat bagi pembentukan karakter dan pola piker anak, sebaiknya segera coba berbagai permainan edukatif di Culinary Schools dengan mengakes https://www.culinaryschools.org.

Posting Komentar

  1. Saya senang sekali kemarin menemukan Culinary schools ini untuk keponakan saya yang berusia 5 tahun. Akhirnya ada game yang sesuai ia mainkan. tidak hanya menghibur, tapi juga menambah pengetahuannya. Bagusnya Culinary Schools tidak perlu didownload dari aplikasi. Bisa langsung dimainkan di laptop atau hape.

    BalasHapus
  2. Culinary school ini games yang full educated banget ya secara ga sadar anak sudah belajar mengenal sayuran dan cara memasak ala-ala chef.

    Bagus juga nih, ceki-ceki webnya aahh kali aja ada diantara anak²ku yang minat untuk jadi chef.

    BalasHapus
  3. Belajar kuliner lewat games, adalah cara yang mengasikkan pastinya buat anak-anak. Sebab bisa lebih mudah dipahami ya

    BalasHapus
  4. Mau ngajak keponakanku ah
    Dia tuh suka banget eksplorasi masakan dan sering ikutsaya eksperimen resep
    Mungkin kelak dia jadi chef ternama?
    Ya mulai dulu dengan game culinary schools

    BalasHapus
  5. Wah ada game-game kuliner nih, seru deh kayanya buat dicoba sambil maksi siang ini, plus bs cari tau jg sekolah kuliner yg bagus

    BalasHapus
  6. Games-nya menarik semua, saya paling suka tuh main Farm Town, senang bisa nanam-nanam trus panen.
    Games lainnya juga menarik, melatih kecepatan pikiran dan tangan ya, bisa kenalkan kuliner ke anak pula

    BalasHapus
  7. Kayaknya seru niih gamenya..
    Aku rasa utk emak2 juga bisa laah ya coba game nya, biar healing dikit dr aktivitas dunia nyata. Kan bukan anak2 saja yang butuh game gini hehehe

    BalasHapus
  8. Anak-anak dikenalkan bahwa ada proses sebelum mendapatkan hasilnya seperti dalam memainkan games di Culinary Schools, ini bagus bangeett..
    Aku suka banget sama games edukasi seperti ini.

    BalasHapus

 
Top